Jumat, 25 Mei 2018

Reli Dakar


Reli Dakar adalah salah satu olahraga otomotif yang menggunakan mobil reli. Balap reli, khususnya World Rally Championship lebih populer di dunia. Dan World Rally Championship ini diselenggarakan tiap bulan oleh FIA.

Olaraga Reli Dakar adalah ajang balapan tahunan sejak tahun 1979, dan dikenal sebagai salah satu ajang balap paling berbahaya di dunia. Karena Sudah puluhan nyawa yang melayang selama pertarungan mesin bertenaga yang menantang ganasnya alam tersebut.

Hampir 38 tahun eksis, Reli Dakar tercatat sebagai ajang balap yang banyak menelan korban jiwa. Tercatat sudah 64 nyawa melayang sejak 1979 hingga sekarang. Dua korban diantaranya terjadi di edisi ke-38 saat pereli melakukan perjalanan dengan rute Buenos Aires-Arica-Buenos Aires atau jarak tempuh sejauh hampir 9000km.

Meski demikian, masih banyak yang berpartisipasi untuk mengikuti ajang balap mobil ini walau sudah mengetahui bahwa menjadi pembalap reli dakar layaknya bercanda dengan maut.

Hal itu di sebabkan karena kelelahan pengemudi dengan jarak yang cukup jauh, kondisi mobil yang kurang stabil, keadaan medan yang random, sehingga pengemudi tidak paham tentang kondisi medan.

Olaraga tidak harus diartikan dengan gerakan-gerakan tubuh hingga mengelurakan toksin atau keringat dari tubuh. Masih banyak olahraga yang tidak melakukan gerakan tertentu seperti halnya senam dan lain sebagainya. Karena balap juga merupakan olahraga yang menggunakan akal dan keahlian untuk mengendarai mobil di medan yang yang sulit.

Jika kalian yang memiliki keahlian mengemudi serta mempunyai nyali yang tinggi, kalian bisa menjadi pembalap reli dakar pada masa yang akan datang. Namun harus bersabar ya, mengingat bapap reli ini hanya diadakan setahun sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar