Jumat, 25 Mei 2018

Golf


Golf adalah salah satu olahraga yang berasal dari Skotlandia yang dimainkan sekitar tahun 1100-an. Bukti mutakhir dari laporan Profesor Ling Hongling dari Universitas Lanzhou menunjukkan permainan serupa golf yang dikenal orang sekarang, telah dimainkan di Cina pada era Dinasti Tang Selatan, sekitar 500 tahun sebelum golf disebut sebagai olahraga dari Skotlandia.

Dalam golf yang diincar adalah jumlah pukulan sesedikit mungkin dan pemain harus memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan yang paling sedikit.

Pemain biasanya berjalan di lapangan untuk memukul bola selanjutnya, sendirian ataupun dalam suatu grup yang terdiri dari dua, tiga, atau empat orang. Dan pemain harus meneruskan untuk memukul bola di posisi terakhir bola tersebut berhenti hingga masuk ke lubang.

Untuk penghitungan skor dalam golf berbeda dengan penghitungan skor dalam permainan lain. Pemain menang bila mendapat skor yang sedikit (bahkan hingga minus). Berbeda dalam sepak bola atau bola basket yang menentukan grup dengan skor terbanyak sebagai pemenang.

Pada olahraga ini ada tiga stik golf (club) yaitu wood, iron, dan putter. Wadge adalah iron yang digunakan untuk memukul jarak pendek. Wood digunakan untuk memukul jarak yang sangat jauh. Sedangkan iron, digunakan untuk memukul jarak menengah dan putter hampir selalu digunakan untuk melakukan pukulan di atas green.

Ada dua jenis pemain dalam olahraga golf, Amatir (AM) dan Profeional (PRO). Untuk pegolf amatir, biasanya pemain ini hanya bermain untuk kesenangan pribadi. Dan pemain amatir tidak diperbolehkan menerima hadiah uang dalam bermain golf.

Pegolf profesianal adalah pemain yang menjadikan bermain golf sebagai profesi. Pemain PRO ini bisa dan boleh menerima hadiah uang dalam sebuah turnamen profesiaonal. Namun untuk menjadi pegolf profesional, pemain harus mengikuti semacam kualifikasi sebelum berhak menyandang predikat pegolf profesional dan akan mendapatkan kartu tanda pegolf profesional.

Suatu padang/lapangan golf sudah dirancang secara khusus berikut juga rumput di green dipotong sangat pendek sehingga bola bisa bergulir dengan mudah. Pada umumnya, lapangan golf harus memiliki sejumlah lubang (hole) yang terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang.

Lubang harus berdiameter 108 mm (4.25 inci), selalu berada di rumput dan memiliki kedalaman sedikitnya 100 mm (3.94 inci). Cup biasanya selalu ditandai dengan sebuah bendera sehingga pemain bisa melihatnya dari kejauhan.

Untuk ukuran diameter bola golf minimum adalah 42,67 mm dan harus mempunyai berat lebih dari 45,93 gram. Pada umumnya, Suatu course memiliki batas yang ditandai dengan pasak-pasak.

Di luar tanda itu, dinamakan zona out of bounds atau singkatnya OB. Bila bola pemain mendarat di zona OB maka pemain akan menerima penalti 1 pukulan dan mengulang pukulan dari tempat sebelumnya.

Olahraga golf ini juga ikut mengisi kejuaraan olahraga bergengsi dunia. Dan untuk dapat bermain golf, minimal anda harus merogoh kocek sebesar 1 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar