Sabtu, 26 Mei 2018

Berenang



Renang adalah gerakan badan, mengapung, menyelam, melintas di air yang merupakan suatu cabang olahraga yang aquatic, dan salah satu olahraga yang sering dilakukan dalam adu kecepatan seorang atlet dalam berenang. Yang mencapai garis finis terlebih dahulu, ialah yang dinyatakan sebagai pemenang.

Dari seluruh cabang olahraga lainnya, renang merupakan permainan yang paling simpel karena dalam olahraga ini tidak perlu banyak menggunakan peralatan karena renang hanya memerlukan seluruh anggota tubuh untuk melakukan permainan ini.

Olahraga renang juga mempunyai sistem permainan yang sama dengan olahraga lainnya, seperti penyisihan, babak semifinal, babak final dan sejenisnya. Lomba yang diadakan juga ada beberapa macam seperti lomba renang gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu dan gaya dada.

Permainan ini juga tidak hanya adu kecepatan saja, namun ada juga lomba lompat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan lomba polo air. Dan untuk peraturan yang tertera, mengikuti ketetapan dari badan lembaga atau induk organisasi yaitu Federasi Renang Internasional (FINA) yang didirikan pada tahun 1908. Selanjutnya pada 21 Maret 1951, telah didirikan organisasi di Indonesia yang dinamakan Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI).

Sebelumnya, renang telah dikenal sejak zaman pra-sejarah, dimana diketahui adanya gua-gua yang dipercayai sebagai tempat para perenang zaman batu. Gua-gua itu terletak di sebelah barat daya Mesir dekat Wadi Sora.

Kisaran 4000-9000 tahun SM ditemukan stempel lilin di mesir yang menjunjukkan adanya gambar/lukisan empat orang perenang dengan menggunakan gaya bebas. Di Babylonia juga ditemukan adanya lukisan dinding yang merupakan lukisan paling terkenal yang telah ditemukan di padang pasir Kebir, dan diperkirakan bahwa berumur sekitar 4000 tahun SM.

Lain halnya di negara Jepang, teknik renang merupakan salah satu kemampuan yang harus di kuasi oleh para samurai. Pertandingan pertama kali telah di catat oleh sejarah yang diselenggarakan pada 36 SM oleh kaisar Sungui.

Pada era jaman sekarang, renang merupakan olahraga yang paling banyak disukai. Alexander Popov adalah salah satu seorang perenang asal Rusia yang mendapatkan medali emas. Ia merupakan perenang tercepat pada Olimpiade Barcelona tahun 1992 yang mendapat tiga mendali emas berturut-turut. Dan Michael Pelps juga merupakan perenang yang berhasil merebut delapan medali emas pada Olimpiade Beijing tahun 2008.

Olahraga air ini juga salah satu alternatif rekreasi yang mempunyai manfaat bagi tubuh. Selain melatih pernafasan, diantaranya bisa untuk menghilangkan stres, meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi resiko radang sendi, membentuk tubuh yang ideal, meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, menambah tinggi badan, dan membentuk otot secara alami.

Bagi kaum wanita yang ingin mencoba olahraga berenang, ada manfaat juga untuk tubuh wanita seperti menjaga tubuh agar tetap ideal setelah hamil, mengencangkan otot-otot g-spot, detoksifikasi racun di dalam tubuh dan juga menghilangkan stres. Baiknya kita belajar renang agar kita dapat sedikit menguasai, sehingga kita dapat menyelamatkan diri saat kapal tenggelam, ataupun untuk menyelamatkan orang lain yang tenggelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar